Minggu, 24 Januari 2010

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya


Monumen tugu pahlawan sebagai ikon kota Surabaya terletak di Jalan Pahlawan Surabaya. Tepatnya berada di depan Kantor  Gubernur Jawa Timur. Monument ini merupakan salah satu  penanda terhadap kenangan tragedi 10 november 1945. Pada hari itu banga Indonesia terutama arek-arek suroboyo di ultimatum oleh Inggris untuk menyerahkan diri dan memberikan kedaulatan  Bangsa Indonesia ke Bangsa Inggris dan sekutunya Bangsa Belanda. Namun arek suroboyo menolak dan terjadilah pertempuran yang seru dan hebat. Pada pertempuran itu, terbunuhlah Jendral Malaby di kawasan jembatan merah. Oleh karena terbunuhnya jendral Pasukan Bangsa Inggris, warga surabaya dibombardir pasukan Inggris dari segala penjuru kota.

Monumen tugu pahlawan dibuat untuk mengenang peristiwa gagah beraninya arek suroboyo melawan bangsa Belanda yang membonceng Inggris dalam agresi militernya. Diharapkan bagi generasi muda penerus  perjuangan para pahlawan mengetahui dan mengambil pelajaran mengenai semangat pantang menyerah walaudengan segala keterbatasan sarana dan fasilitas yang dimiliki pasukan Indonesia dalam menghadapi Bangsa Asing.

Monument tugu pahlawan didirikan di bekas markas Ken Pe Thai (Polisi Militer Jepang) yang kemudian dihancurkan oleh arek suroboyo dalam pertempuran 10 November 1945. Gagasan pendirian dan peletakan batu pertama pembangunannya dilakukan oleh president RI pertama, Yakni Ir. Soekarno, yang pada waktu itu didampingi oleh Walikota Surabaya R.Moestajab Soemowidigdo. Bentuk bangunan berupa Paku terbalik dan berhias ukiran Trisula, cakra, stamba dan padma. Hiasan diatas mengandung filosofis sekaligus simbol perjuangan Arek Suroboyo dalam menghadang tentara sekutu Inggris dan Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...