Kamis, 04 Maret 2010

Lontong Kupang, makanan khas Surabaya

Lontong kupang merupakan salah satu masakan khas Surabaya dan Sidoarjo. Makanan ini paling sering kita jumpai di pantai kenjeran. Terdiri dari bumbu petis hitam, lontong, kuah bercampur kupang sejenis tiram atau kerang kecil. Makanan ini juga sering dijumpai di Sidoarjo , bahkan ada pusat penjualan kupang  yang disebut bursa kupang. 

Sajian ini cukup sederhana, kupang yang telah direbus, disajikan dengn petis yang digerus dengan bawang putih, campuran tersebut akan diencerkan dengan membubuhi sedikit kuah rebusan kupang. Ditambahkan irisan lontong diatasnya ditaburi potongan lento lalu disiram dengan kuah rebusan kupang. Menikmati sajian ini akan lebih nikmat bila ditambah sate kerang. Sate ini lebih pas jika ditambahkan sambal petis dengan taburan bawang goreng. 

Bagi anda yang memiliki alergi  atau tidak tawar makan kupang, tidak perlu khawatir sebab ada penawarnya, yaitu air kelapa muda. Minuman ini bukan saja sebagai pelepas dahaga, tetapi juga berfungsi sebagai penawar racun yangt erdapat dalam kupang. Lontong kupang bisa anda dapat kan dibeberapa lokasi, yakni: Bursa kupang Sidoarjo, Pantai ria kenjeran, Pujasera kartika Jl. Diponegoro Surabaya, Dapur nusantara ITC Mega Grosir Surabaya.

2 komentar:

  1. Lontong kupang juga telah hadir di Cafe & Pujasera Arum Manis Jl. Mayjend Sungkono

    BalasHapus
  2. Kupang lontong juga ada di Bamboo Food Court, Mall PTC Surabaya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...