Selasa, 17 Mei 2011

Manten Pegon sebagai pengantin Tradisional Surabaya

Keaneka ragaman budaya di Indonesia merupakan salah satu kekayaan yang di miliki bangsa ini. Di tiap daerah selalu memiliki tema rias pengantin tradisional yang berbeda dan mempunyai ciri khas. Namun dalam perkembangan zaman, rias pengantin tradisional jarang diketahui oleh kaum muda saat ini. Kita perlu mempublikasikan kepada tiap masyarakat Indonesia pada umumnya agar budaya Indonesia tidak serta merta di klaim milik negara lain.

Saat ini kami akan membahas keragaman pengantin tradisional Indonesia. Pengantin klasik nusantara sangat unik, ternyata Surabaya juga memiliki Pengantin Tradisional Surabaya yang disebut Manten Pegon. Budaya manten pegon dapat dilihat secara fisik dari tata rias dan baju pengantinnya. Penampilan pengantin merupakan perpaduan dari beberapa budaya yakni Budaya Suroboyo, Arab, Cina, Belanda dan Madura. Pengaruh dari akulturasi budaya dari beragam etnik masyarakat Surabaya tempo dulu sangat melekat pada pengantin khas Suroboyo.
Pengantin pegon - Rias pengantin Surabaya

Sekilas Pengantin pegon pria mirip dengan busana Arab dengan mengenakan pakaian jubah seta penutup kepala sorban. Sedangkan pengantin pegon wanita mirip dengan perempuan Belanda dengan busana bridal atau rok panjang eropa, ditamabah slayer yang menjuntai kebawah pada rok panjangnya. Mahkota  yang dipakai berasal dari budaya Pengantin Jawa. Biasanya pengantin wanita memakai bahan baju dari Sutra Cina.

Marilah kita kenali budaya rias manten ini dengan baik. Kita lestarikan dengan cara mengadakan resepsi pernikahan khas Surabaya, manten pegon. Apabila anda ingin mengenakan dan mengadakan manten pegon di resepsi pernikahan anda ataupun resepsi keluarga anda. Di Surabaya ada tim rias pengantin yang akan membantu mewujudkan resepsi pernikahan manten pegon yaitu Syifarah | Griya rias pengantin. Anda dapat mengunjungi langsung di Jl. Wonorejo I / 7 Surabaya, atau mengunjungi situs syifarah di sini www.syifarahwedding.blogspot.com untuk mengetahui hasil rias pengantin yang pernah mereka kerjakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...